Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Blog dan Komitmen

Terhitung bulan April 2020 genap 9 bulan saja kelola blog ini. Tiga bulan diawal pembuatan selalu konsisten mengupdate blog tapi masuk bulan ke empat sudah mulai agak jarang lagi. Entah karena malas atau karena apa yang jelas komitmen awal untuk membangun sebuah blog perlahan-lahan mulai kendur. Nanti di bulan ke enam mulai lagi ada keinginan untuk terjun di dunia blog. Ternyata blog yg selama ini tidak terawat menunjukkan tanda-tanda baik, salah satunya adalah bisa mendapatkan trafik organik dari search engine.

cerita blog dan komitmen

Melihat perkembangan ini, saya merasa tertantang untuk kembali membangun blog tersebut. Ternyata untuk membangkitkan komitmen itu perlu ada tantangan. Iya, karena tantangan itulah hingga hari ini saya masih tetap ngeblog.

Karena tantangan itulah hingga hari ini saya masih tetap ngeblog

Maksud awal saya menuliskan cerita blog ini sebenarnya untuk keperluan catatan pengingat bagi saya sendiri. Saya tidak ingin apa yang telah saya kerjakan selama ini terutama bagaimana cara optimasi blog harus hilang karena tidak ada pendokumentasiannya. Tetapi setelah saya pikir-pikir ternyata tulisan ini mengalir begitu saja dan menjadi artikel di blog yang bisa dibaca semua haha.

Mungkin dilain kesempatan saya akan menuliskan langkah-langkah dalam membangun sebuah blog. Ini juga murni bukan karena ingin memperlihatkan sebuah keberhasilan membangun blog menjadi blog yang besar dengan trafik atau kunjungan ratusan atau ribuan. Melainkan semata-mata sebagai motovasi bagi kita terutama bagi diri saya agar tetap konsisten dalam menekuni sesuatu yang disukai.

Saya mengalami banyak masa dimana terkadang ada waktu tertentu keinginan untuk menulis demikian menggebu-gebu. Dan di waktu tertentu sering juga mengalami keadaan stagnan tanpa bisa menghasilkan tulisan selama berbulan-bulan. Beragam faktor yang mengakibatkan kebuntuan itu. Keinginan untuk bisa memiliki blog yang ramai kunjungan hingga ke persoalan ekonomi. Padahal saya sendiri sadar jika semua sesuatu dilakukan semata-mata karena faktor uang maka itu tidak akan bisa langgeng.

Jika semua dilakukan semata-mata karena faktor uang maka itu tidak akan bisa langgeng.

Nah itulah sebabnya tulisan ini menjadi sebuah renungan bagi diri saya sendiri dengan harapan bisa menjadi pelecut bagi diri untuk selalu semangat pantang menyerah dalam melakukan hal apa yang kita tekuni. Secara garis besar kita semua tentu sering mengalami atau terperangkap dalam situasi yang sulit. Namun bukan berarti itu adalah akhir segala-galanya. Untuk itu yakinlah bahwa apa yang kita kerjakan hari ini sepanjang dilakukan dengan ikhlas dan tulus akan kita petik hasilnya dimasa yang akan datang.

Tetap semangat!

Posting Komentar untuk "Cerita Blog dan Komitmen "