Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu LSI Keyword dan Bagaimana Contohnya

Entah saya yang ketinggalan atau memang ini masih baru, saya kurang paham yang jelas di salah satu sosial media para eksekutif, Linkedin, saya mendapatkan istilah optimasi blog atau Search Engine Optimazion melalui sebuah metode dengan istilah yakni LSI Keyword. Metode ini diperkenalkan oleh Google sebagai salah satu komponen yang sangat berpengaruh dalam SEO. Berikut blog yang menerapkan metode LSI Keyword yang bisa dijadikan referensi.

Apa itu LSI Keyword dan Bagaimana Contohnya
Photo by Everyday basics on Unsplash


LSI atau Latent Semantic Indexing adalah sebuah metode yang bagi saya baru dalam hal optimasi blog. Dari hasil googling saya mendapatkan kesimpulan sementara dari fungsi LSI tersebut.

Pengertian LSI Keyword

LSI atau Laten Semantic Keyword adalah sebuah keyword yang berhubungan dengan keyword utama. Fungsi dari LSI adalah memberitahukan pada mesin pencari tentang apa yang sedang kita bahas pada suatu halaman blog. (whello.id)

Contoh LSI Keyword

Jika dalam menulis sebuah artikel yang membahas tentang "resep" maka hasil mesin pencarian akan menampilkan kata kunci resep tersebut menjadi lebih spesifik, misalnya resep pastel renyah dan semua yang ada hubungannya dengan resep.

Intinya jika ingin membuat artikel tentang resep usahakan dibuat yang lebih spesifik menjadi resep puding coklat busaresep kue lumpur coklat atau kata lain yang berhubungan dengan isi artikel.


Bagi para blogger tentu tujuannya adalah mendapatkan posisi atau rangking pertama dalam mesin pencarian. Untuk bisa mendapatan posisi pertama tentu dibutuhkan keyword yang tepat.

Fungsi LSI Keyword

LSI Keyword membantu mencari keyword yang tepat untuk digunakan. Metodenya kira kira seperti ini. Jika ingin menargetkan kata kunci tertentu maka carilah kata kunci LSI yang bisa dilihat di halaman paling bawah hasil pencarian atau penelusuran yang terkait.

Apa itu LSI Keyword


Umumnya para blogger menggunakan bantuan dari tools seperti Google Keyword Planning atau Ubersuggest dan masih banyak tools lainnya.

Seperti saya sampaikan di awal bahwa mentode pencarian keyword dengan menggunakan LSI Keyword apakah saya ketinggalan atau tidak mencermati lebih jauh terkait penggunaannya.
Kedepannya semoga saya bisa memberikan penjelasan lebih rinci terkait fungsi dan cara kerjanya.

Bagi blogger yang sudah pernah mengunakan teknik ini dan ingin sharing, silakan berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat adanya. 

Salam ngeblog

Posting Komentar untuk "Apa itu LSI Keyword dan Bagaimana Contohnya"