Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerakan SoBAT Masuk Nominasi Governor Awards For Innovation 2019

Governor Awards for Innovation (GAFI) 2019 pertama kalinya dilaksanakan tahun ini. Terkait dengan pelaksanaan GAFI tahun 2019 sebanyak 73 inovasi yang telah masuk tahapan seleksi. Pada tahapan portofolio terpilih 20 inovasi dari tiga kategori. Untuk kategori pelayanan publik terpilih  sebanyak 10 inovasi. Sedangkan untuk kategori tata kelola pemerintahan ada 5 inovasi. Dan kategori inovasi lainnya ada 5 inovasi.

GAFI 2019

Tahap selanjutnya adalah tahapan presentasi, dimana setelah dalam tahapan ini ada 8 kabupaten/kota yang lanjut pada tahapan validasi. Masing-masing 5 inovasi terkait pelayanan publik, 5 inovasi tata kelola pemerintahan dan 5 inovasi untuk kategori inovasi lainnya.

Tim validasi GAFI 2019 untuk Soppeng dipimpin oleh Bapak Dr. Suhasman. Dalam sambutannya mengatakan, Soppeng lolos ketahap selanjutnya yakni tahapan validasi lapangan karena pada tahapan sebelumnya mampu memberikan penjelasan terkait kebijakan serta urgensi dari Gerakan SoBAT ( Soppeng Bebas Ancaman Tinja).

gerakan sobat

Sedangkan untuk daerah yang belum sempat lolos ketahapan validasi semata-mata karena belum siapnya dalam memberikan penjelasan secara lengkap terkait inovasi yang diajukan.

Kenapa inovasi menjadi sangat penting? Keberadaan Litbang menjadi sangat strategis karena menyangkut banyak aspek yang termasuk evaluasi dan kebijakan. Dari situ bisa dilihat mana kebijakan yang masih butuh perbaikan dan peningkatan. Salah satunya adalah dengan membuat inovasi.

inovasi gerakan sobat

Disisi lain, inovasi juga membutuhkan anggaran. Jangan sampai ada inovasi yang berhenti ditengah jalan karena faktor ketersediaan anggaran. Inovasi juga harus mempertimbangkan aspek keberlanjutannya (sustainable).

inovasi gerakan sobat soppeng

Pada kesempatan tersebut, tim validasi turun langsung kelapangan untuk melihat langsung program SoBAT ini. Adapan tempat yang dikunjungi adalah Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) dan melihat langsung sarana prasarana pendukung Gerakan SoBAT di Kelurahan Tettikenrarae Kecamatan Marioriwawo.






2 komentar untuk "Gerakan SoBAT Masuk Nominasi Governor Awards For Innovation 2019"