Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Keberhasilan Optimasi Instagram


Berbisnis dalam dunia digital semakin hari semakin ketat. Beragam teknik serta metode yang dilakukan para pelaku bisnis online agar tetap eksis dalam melakukan penjualan produk. Yang namanya transaksi online sudah bukan hal yang baru lagi. Beragam sosial media seperti FB, Twitter, Line, Instagram, Youtube, dan aplikasi lainnya sudah digunakan oleh para pelaku bisnis online yang kreatif dalam melihat peluang bisnis.



Instagram merupakan media sosial yang populer saat ini. Dengan pengguna aktif lebih dari 300 juta di setiap bulannya dan ada 30 milyar yang diupload oleh usernya, tak heran Instagram sukses menyedot  perhatian masyarakat.

Platform berbagi foto dan juga video dengan beragam featured menarik membuat para pengguna sangat tergantung dengan media sosial Instagram. 

Menurut penelusuran, pengguna aktif Instagram, 90%-nya berasal dari masyarakat yang berusia 25-35 tahun dan seringkali Instagram menjadi media untuk berbisnis yang top. 

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan bisnis dan ingin memanfaatkan Instagram, berikut kunci keberhasilan optimasi Instagram yang bisa kamu terapkan. Banyak sekali teknik dan trik yang mesti di kuasai oleh pebisnis online yang menggunakan Instagram agar jualan nya semakin laris dan memiliki banyak followers. Namun intinya adalah kunci keberhasilan optimasi Instagram terletak pada kreatifitas kita. Jangan pernah lelah untuk berkreasi dan ciptakan inovasi-inovasi baru dalam melakukan bisnis online. Adapun tips dibawah ini merupakan tips baku yang telah banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis online. Jadi kembali pada diri sendiri, mampukah kita memberi warna dan arti tersendiri dalam menjalankan bisnis online tersebut.

Berikut bagaimana cara optimasi Instagram marketing agar dapat membantu para pebisnis online yang baru memulai menggunakan Instagram. Intinya adalah dalam bermain Instagram yaitu More Follower – More Interaction – More sales.

1. Konsisten dan disiplin
buatlah postingan yang konsisten dan usahakan terjadwal. misalkan sehari 2-5 foto. Ini bertujuan agar setiap buka aplikasi Instagram, follower Anda melihat postingan Anda.


2. Bangun Interaksi dengan follower
Cari konten yang jelas disukai follower Anda, atau target bisnis kamu. Caranya? Lihat aja jumlah komen dan like. Lihat mana konten yang paling banyak memancing reaksi positif, dan usahakan balas komentar yang ada di setiap postingan anda. Hapus komentar-komentar spam yang berada di gambar kamu dan Gunakan hashtag yang mengarahkan orang untuk follow kamu.
Permudahlah orang dalam mencari kamu, seperti menggunakan nama akun yang mudah di ingat dan berikan edukasi yang sesuai dengan market pasar anda.

3. Maksimalkan Fungsi Hastag untuk memperluas jangkauan
menggunakan hastag sangat penting dilakukan agar akun bisa di cari menggunakan hastag. Dengan mengunakan hashtags yang tepat maka akan membuat akun anda semakin dikenali sehingga orang akan tertarik dengan akun anda dan menjadi followers anda. Selain yang branded (menyebutkan merk)pakai juga hashtag yang menjadi kategori produk mu di bagian bawah caption postingan Anda.
Misal jualan tas, cari apa saja hashtag yang biasa dipakai para pecinta tas.Bisa jadi #TasTraveling #TasKamera #Tasmurah dan sebagainya.
Pergunakan hashtag dengan baik dan benar.
  • Kamu bisa gunakan 30 hashtag per gambar atau postingan jangan lebih dari 30 Untuk mencegah terlalu penuh.
  • Usahakan caption adalah hashtag yang paling penting, kemudian disusul hashtag yang kita inginkan di bagian komentar. Usahakan selalu konsisten dalam penggunaan hashtag.
  • Memang sedikit memakan waktu karena kita harus menyusun strateginya, tetapi nanti akan tergantikan.
  • Hashtag yang digunakan haruslah sesuai dengan target pasar kamu.
  • Jangan pernah menggunakan hashtag yang tidak sesuai dengan konten kamu.
4. Posting Gambar Yang Terbaik Dan Menarik


Layar smartphone memang cenderung kecil sehingga Anda harus menyajikan konten yang jelas agar informasi yang diberikan dapat sampai kepada netizen. Selain itu, buatlah gambar yang menarik agar pengguna merasa tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan oleh Anda. jika perlu gunakanlah aplikasi editing untuk foto ataupun video.


5. Adakan Giveaway
Apabila Anda ada kelebihan rejeki, buatlah konten promosi berbagi atau biasa disebut give away.
Misalnya Anda jualan hijab, maka Anda berbagi
1 set hijab syar’i dengan syarat:
  1. Follow akun
  2. Love & Mention 3 teman mereka di postingan Anda
  3. Regramm + mention akun Anda + gunakan hashtag tertentu .
Hal ini akan berdampak akan semakin banyak yang ingin ikut kontes dan semakin banyak yang memfollow akun anda.

6. Follow dan Unfollow
untuk tahap yang ini anda harus aktif dan konsisten dalam memfollow dan unfollow akun. Memfollow akun adalah tindakan yang wajib bagi pebisnis online yang menggunakan Instagram, tanpa followers percuma anda bikin instagram untuk bisnis iya toh hehe…
kenapa harus di unfollow ?? kamu harus unfollow akun yang tidak follow back, supaya bisnis kamu betul-betul bisa dilihat hanya oleh akun yang kamu sudah follow juga. 

Itulah beberapa langkah yang bisa diterapkan jika ingin terjun dalam bisnis online khususnya di platform media sosial Instagram. Dan ingat! Kunci keberhasilan optimasi Instagram terletak pada kreatiftas dan inovasi yang semuanya tanpa batas di dunia maya ini.

1 komentar untuk "Kunci Keberhasilan Optimasi Instagram"

  1. Memang bener, caption dan hastag sangat menentukan. Tipsnya sangat bermanfaat gan, terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus