Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Penulis Melawan Rasa Bosan dan Malas

Assalamualaikum, aga kareba ta?
Jumpa lagi teman semua. Alhamdulillah hingga hari ini saya masih bisa menyapa teman semua melalui tulisan di personal blog ini. Saya yakin teman semua pernah merasakan yang namanya sifat bosan. Pikiran seakan buntu tak ada semangat dan malas untuk melakukan apa saja. Termasuk saya sendiri pernah mengalami hal yang namanya bosan dan malas.

Musuh Utama Penulis

Bosan dan malas untuk menulis lagi seperti saat sekarang ini adalah musuh besar bagi para penulis. Apalagi mereka yang mempunyai tenggat waktu untuk menyelesaikan sebuah proyek tulisan. Bisa dibayangkan betapa kacaunya jika ditengah proses peyelesaian tiba-tiba dihinggapi perasaan bosan dan malas.


Ada banyak faktor yang menyebabkan rasa bosan dan malas ini muncul. Saya sendiri menyebut sebagai faktor gangguan. Gangguan disini bisa muncul dari mana saja. Mulai gangguan kecil hingga yang paling besar. Gangguan yang datang biasanya tanpa kita sadari secara perlahan-lahan memicu rasa bosan dan malas. Salah satunya adalah gangguan karena melihat sesuatu hal lain yang lebih bagus dan menarik sehingga membuat kita hilang konsentrasi.

RASA BOSAN DAN MALAS

Mungkin banyak dari teman yang pernah mengalami dan termasuk saya dimana pada awal memutuskan untuk terjun di dunia blog begitu mengebu-gebu. Setiap hari bisa membuat 1-2 tulisan/artikel. Tetapi apa yang terjadi kemudian? Seiring dengan berjalannya waktu, faktor gangguan muncula muncul menggerogoti konsentrasi kita.


Melihat blog orang lain yang lebih bagus dan ramai pengunjung membuat kita menjadi minder. Perlahan-lahan semangat untuk membuat tulisan atau artikel semakin menurun. Ingin mempunyai blog yang ramai pengunjung dan bisa menghasilkan (iklan) seperti punya orang lain dan tidak lagi memperhatikan blog sendiri.

CARA MELAWAN RASA BOSAN DAN MALAS

Faktor gangguan seperti itulah yang dominan mempengaruhi diri kita sehingga menghambat kreatifitas. Jadi untuk menghindarinya alangkah baiknya jika kita lakukan hal-hal sebagai berikut:


  • Mempersiapkan diri sejak awal akan datangnya faktor gangguan tersebut. Boleh saja kita mengambil perbandingan dengan blog orang lain tapi jangan sampai menjadi faktor yang akan mematikan kreatifitas kita. 
  • Tetap fokus pada kemampuan diri sendiri. Jalan kesuksesan masing-masing orang berbeda. Jadi tidak terlalu peduli dengan faktor gangguan tersebut yang terpenting adalah senantiasa tetap kreatif dan berkarya. Gimana masih bosan dan malas?

Semangat berkarya!

Posting Komentar untuk "Begini Cara Penulis Melawan Rasa Bosan dan Malas"