Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gotong Royong di Tengah Wabah Virus Corona

Halo teman, aga kareba?
Saya menulis ini karena tertarik melihat fenomena yang muncul akhir-akhir ini di tengah masyarakat. Wabah global virus corona yang melanda seluruh dunia menjadikan kita semua terkejut melihat fakta betapa rentannya kehidupan kita selama ini.

Fenomena Muncul Akibat Virus Corona

gotong royong di tengah wabah virus corona

Segala upaya telah ditempuh tetapi tetap saja ada kegelisahan di masyarakat menghadapi wabah ini. Sehingga yang nampak adalah sikap ragu dan bimbang akan langkah serta nasib kita semua. 

Beragam pendapat dilontarkan dari yang ahli hingga dadakan yang jika dilihat secara umum hampir tidak ada cara yang pasti dalam menghadapi wabah ini. 

Pengertian Gotong Royong 

Mengutip pengertian dari WIkipediaGotong royong adalah istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari kata gotong yang berarti "bekerja" dan royong yang berarti "bersama".

pengertian gotong royong

Tetapi ada satu hal yang selama ini hilang di tengah-tengah masyarakat justru perlahan mulai muncul kembali. Sikap acuh tak acuh antara masyarakat khususnya di kota besar berangsur berubah menjadi sikap serta perilaku gotong royong

Hal ini juga nampak jelas terlihat di kota-kota kecil atau pedalaman pelosok Indonesia. Gotong royong masyarakat kembali hidup dan bergairah. Coba kita lihat ada beberapa lokasi atau daerah yang secara bersama-sama warganya melakukan gotong royong untuk menghadapi bencana ini. Sudah saatnya momen ini kita gunakan sebagai penyemangat bagi seluruh masyarakat untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong di lingkungan masing-masing. 

Saya justru bertanya-tanya apakah memag harus ada wabah dulu agar sifat gotong royong masyarakat bisa kembali lagi? Semoga saja gotong royong mulai marak sekarang ini tetap bertahan dan bahkan ditingkatkan bahkan jika wabah ini pada akhirnya akan berlalu, aamiin

Salam gotong royong.

Posting Komentar untuk "Gotong Royong di Tengah Wabah Virus Corona"