Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Renew Lets Encrypt Error Karena DNS Domain

Kemarin dapat notif via email kalo domain saya telah berakhir pengunaan SSLnya alias expired. Sebagai informasi SSL (Secure Socket Layer) adalah layanan dimana koneksi antara situs web dengan browser user menjadi terlindungi.

Jadi pada saat user surfing ke sebuah website maka sambungan tersebut diamankan dengan cara menciptakan link yang dienkripsi antara browser dan web server.

Cara agar mengetahui bahwa sebuah website sudah mempunyai SSL sangat mudah. Setiap kali kita akses sebuah link website maka di browser akan muncul logo atau tanda gembok. Ini berarti website ini sudah terlindungi dan aman untuk melakukan koneksi.



Berikut manfaat SSL yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk segera menggunakannya.

Zaman sekarang siapa sih yang tidak mau koneksi internetnya aman ? Jadi setiap kali ingin mencari informasi di dunia jagat maya kita tidak perlu khawatir dengan terjadinya pencurian data-data penting.

Begitu pula di mata mesin pencari. URL website yang sudah menggunakan koneksi SSL tentu akan menjadi prioritas dibandingkan dengan URL website yang belum menggunakan. Jadi bagi pemilik website/blog menggunakan koneksi SSL adalah cara meningkatkan reputasi website/blog di mesin pencari.

Layanan SSL ada yang berbayar ada juga yang gratis. Diantaranya adalah layanan dari Lets Encrypt.



Untuk layanan SLL dari Lets Encrypt akan diperbaharui secara otomatis dan biasanya waktunya adalah 90 hari. Namun terkadang otomatisasi pembaharuan tersebut tidak berjalan dengan normal mengakibatkan akses ke web anda bisa bermasalah. Salah satunya adalah faktor DNS yang tidak lengkap.

Problem yang saya hadapi ini diketahui karena alasan DNS yang tidak lengkap karena pada saat mencoba menjalankan perintah pembaharuan secara manual muncul pesan error dengan isi kira2 mengatakan bahwa DNS yang ada tidak mendukung.



Setelag googling, saya lalu memutuskan untuk mencek kembali pengaturan DNS domain saya di Godaddy. Dan ternyata saya temukan salah satu elemen belum saya masukkan yakni elemen CNAME record.



Setelah memasukkan elemen CNAME record maka saya mencoba untuk memperbaharui SSL melalui terminal dengan perintah sebagai berikut: letsencrypt renew --quiet
Dan akhirnya SSL saya bisa diperbaharui kembali



Itulah pengalamanya saya memperbaharui  SSL dari Lets Encrypt dengn memasukkan elemen CNAME record pada DNS domain. Semoga bermanfaat. Dan kalo ada pengalaman lain tentang penggunaaan SSL Lets Encrypts silakan berbagi disini ya.

Posting Komentar untuk "Tips Renew Lets Encrypt Error Karena DNS Domain"