Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tantangaan ASN di Era Revolusi Industri 4.0

Sekarang kita sudah masuk dalam era revolusi industri 4.0 dimana dengan masuknya internet telah mampu memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan umat manusia. Tak heran jika zaman sekarang banyak jenis pekerjaan yang telah ditake over oleh mesin melalui teknologi. Untuk itu agar bisa bertahan dalam era revolusi industri 4.0 ini kita membutuhkan sebuah strategi khusus agar tidak tergilas dan menjadi punah.

tantangan asn

Banyak contoh dari beberapa perusahaan raksasa yang harus tumbang karena terjangan revolusi industri 4.0. Sebutlah misalnya Nokia yang harus ditinggalkan akibat masuknya sistem baru yang bernama Android serta masih banyak contoh lainnya.

revolusi industri

Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang bisa beradaptasi dengan perubahan revolusi industri ini. Semakin cepat kita bisa beradaptasi maka bisa dipastikan kita bisa selamat dengan gempuran revolusi industri ini. Termasuk dalam hal pelayanan publik, sebagai Aparat Sipil Negara tentu dituntut untuk lebih responsif dengan segala macam tuntutan dan dinamika yang berkembang ditengah-tengah masyarakat,. Masyarakat yang sekarang tentu berbeda dengan masyarakat yang dulu, dimana di era sekarang mereka lebih menuntut pelayanan yang maksimal dan efisien. 

revolusi industri dan asn

Salah satu kata kunci agar bisa berhasil diera revolusi industri 4.0 ini  adalah jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan belajar. Revolusi industri tidak hanya merubah industri namun telah merambah ke berbagai aspek kehidupan masyarakat yang mana jika tidak diikuti maka akan menjadi ketinggalan atau bahkan ditinggalkan sama sekali.


Posting Komentar untuk "Tantangaan ASN di Era Revolusi Industri 4.0"