Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Battere Macbook Jadul Bermasalah, Ini Solusinya!

Bagi pengguna Macbook, khususnya yang model lama (Aluminium Late 2008) kesehatan battere merupakan hal yang harus diperhatikan. Kalau battere bermasalah bisa mengakibatkan pekerjaan jadi terhambat. Seperti kasus yang penulis alami dengan Macbook jadul kesayangan saya. Tiba-tiba saja battere tidak terdeteksi yang artinya Macbook berjalan hanya mengandalkan power dari Magsafe. Lihat battere information dibawah.


Di aplikasi Coconut Battere juga memberikan informasi yang sama





Setelah mencoba mencari solusinya, akhirnya saya mencoba mengambil langkah dengan cara mereset System Management Controller (SMC) pada Macbook Unibody Late 2008:

Berikut langkah-langkah melakukan reset SMC:
  1. Matikan Mac.
  2. Lepas baterai. 
  3. Tekan terus tombol daya selama 5 detik.
  4. Pasang kembali baterai.
  5. Tekan lagi tombol daya untuk menghidupkan Mac.



Biasanya, mengatur ulang SMC harus melakukan trik. Namun, jika tidak ada yang terjadi, maka bisa mencoba dengan cara kalibrasi battere.

Berikut cara kalibrasi battere macbook

1. Isi daya baterai Anda hingga 100% dan pastikan lampu pada MagSafe berwarna hijau, yang berarti menunjukkan kondisi battere telah penuh.

2. Setelah terisi penuh, lanjutkan menggunakan komputer saat MagSafe masih terhubung ke sumber daya; lakukan ini selama dua jam. Setelah itu, cabut kabelnya dan gunakan sampai kehabisan daya battera, dan Anda akan melihat peringatan batterai lemah pada menu status baterai. Mac secara otomatis akan masuk pada mode sleep. Setelah itu, matikan macnya.

3. Tunggu selama lima jam atau lebih, dan kemudian sambungkan kembali Mac ke MagSafe dan isi daya. Ini akan mengkalibrasi baterai Anda.


Walau kondisi battere saya tidak bisa normal kembali namun untuk kategori Macbook lama masih bisa untuk digunakan. Untuk informasi kesehatan battere replace now memang sudah seharusnya battere tersebut diganti. Padahal cycle countnya masih diangka rendah, 971.






Posting Komentar untuk "Battere Macbook Jadul Bermasalah, Ini Solusinya!"