Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seminar Akhir Energi Baru dan Terbarukan

Tantangan kedepan bagi pemerintah adalah ketersediaan sumber daya energi bagi masyarakat. Saat ini ketersediaan sumber energi semakin terbatas seiring dengan perkembangan masyarakat yang demikian pesat. Untuk itu solusinya adalah mengidentifikasi serta mengelola potensi sumber daya energi yang baru maupun terbarukan.


 Untuk Soppeng, potensi energi baru atau terbarukan bisa dengan memanfaatkan aliran sungai yang tersebar dibeberapa titik. Sungai yang paling potensi adalah sungai Langkeme sedangkan untuk yang paling kecil nilai investasinya adalah di sungai Citta. Selain itu, perlu kiranya memberi perhatian lebih serius dalam hal menjaga kelestarian dan kebersihan sungai. 


Nilai investasi yang besar juga harus dilihat dari sisi pemanfaatannya. Berapa banyak energi yang bisa dihemat.
Pemda juga tentunya memperhatikan ketahanan energi daerah untuk jangka panjang. Alternatif pendanaan bisa dengan penjajakan kiranya proyek ini melibatkan perusahaan daerah sehingga nantinya menjadi nilai tambah bagi pemerintah daerah.


Kiranya hasil dari seminar akhir ini tidak menjadi tumpukan dokumen semata melainkan bisa ditindaklanjuti atas dasar kesepahaman dan kerjasama yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan.

Itulah beberapa benang merah yang muncul pada saat pelaksanaan seminar akhir energi baru dan terbarukan pada air permukaan yang dilaksanakan oleh COT (Centre Of Technologi) Unhas bersama Bappelitbangda Soppeng. 


Posting Komentar untuk "Seminar Akhir Energi Baru dan Terbarukan"